Selasa, 03 Februari 2015

Selain rezki uang apa yang telah kita infakkan?

Hampir setiap orang mendapatkan berbagai nikmat dan karunia dari Allah Swt. Nikmat waktu, nikmat kesehatan, nikmat kelapangan, nikmat ilmu, nikmat keterampilan dan berbagai nikmat lainnya. Nikmat yang Allah bentangkan bernama 'Fadhl"dalam alQuran.

Perintah dan anjuran Allah untuk menginfakkan apa yang telah dikaruniakan kepada kita selalu beriringan dengan pengerjaan shalat secara berjamaah. Namun ada pemahaman bahwa nikmat itu adalah uang dan harta benda berfisik semata.

Banyak yang menyampaikan keluhan bahwa ia sedang tidak disayangi Allah, karena tidak memiliki harta dan uang untuk dibelanjakan. Sedangkan ia memiliki waktu luang dan juga keterampilan yang banyak. Sedangkan sebagian orang dilimpahkan banyak uang, namun rezki yang lain Allah sempitkan. Allah kurangi rezki kesehatan dengan penyakit yang tidak membolehkan makan aneka makanan.

Allah lapangkan rezki uang, namun Allah sempitkan silaturrahim dengan keluarga, walau hanya pertemuan bercengkrama dan bercanda dengan anak-anak. Tidak memiliki waktu mengajarkan anak baca tulis alQuran dan juga mengajak mereaka mengetahui sanak saudara yang lain.

Dari sekian banyak nikmat Allah, terutama ilmu dan keterampilan sudahkah kita menginfakkannya dijalan Allah? Sebab Allah yang memiliki apa yang ada dalam alam semesta termasuk apa yang ada dalam diri setiap manusia.

Bila kita memiliki ilmu, laungkan waktu untuk mengajarkan kepada orang lain. Apakah dengan cara menuliskannya, atau mengajarkannya secara langsung. Bila kita memiliki metode atau cara melakukan sesuatu, maka bagikanlah.

Bila mimiliki waktu luang, maka sudilah untuk berkunjung dan berjumpa dengan sanak keluarga dan juga dengan anak-anak yang tidak memiliki orang tua.

Karena setiap yang kita berikan dijalan ALlah, apakah itu ilmu, keterampilan, waktu dan hal lainnya. Akan menjadi bekal untuk kehidupan abadi nanti.

Seminimal infak kita hari ini adalah ucapan Assalamuálaikum dan juga senyum untuk orang yang kita temui. Sedangkan infak anggota tubuh adalah mengajak untuk melangkahkan kaki menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Sudahkah kita berninfak hari ini selain uang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar