Sesungguhnya beserta kesusahan/kepayahan/bencana/musibah/tantangan ada kemudahan/anugrah/peluang/kesempatan. Maka sesungguhnya beserta kesusahan ada kemudahan. Maka apabila telah selesai mengerjakan sesuau maka kerjakanlah yang lain (profesioal) dan kepada Rabbmu tempat berharap (Q.S 94:5-8)
Apabila Diguncang bumi seguncang-guncangnya. Dan mengeluarkan bumi apa yang membebaninya. dan berkata manusia apa yang terjadi? (Q.S 99:1-3)
Tiada berhak orang-orang musyrik memakmurkan mesjid Allah, Sedang mereka menjadi saksi diatas dirinya dengan kekafiran. Mereka itu hapuslah sekalian amalannya, dan di dalam neraka mereka kekal selam-lamanya. Hanya yang memakmurkan mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari yang kemudian serta mendirikan solat dan mengeluarkan zakat, sedang ia tidak takut, melainkan kepad Allah. Maka meudh-mudahan mereka itu termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S Attaubah 17-18)
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan sebagian bagi sebagian mereka menyuruh kepada yang mungkar dan melarang dari yang ma’ruf, mereka mengenggam tangannya (bakhil) Mereka melupakan Allah, lalu Allah melupakan mereka, sesungguhnya orang-orang munafik itu ialah orang-orang fasik. Allah telah menjanjikan neraka jahannam untuk orang muafik laki-laki dan perempuan dan orang-orangkafir serta kekal mereka di dalamnya. itu cukup (untuk balasannya) Allah mengutuki mereka, dan untuk mereka siksaan yang abadi. Q.S Attaubah 67-68
sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang untuk jalan allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S Attaubah:60)
LATAR BELAKANG
Setiap bencana memberikan efek kerusakan sistemik. Baik berupa aspek fisik maupun aspek non fisik. Aspek fisik meliputi sarana public dan juga pemerintahan. Islam sebagai agama yang memperhatikan umatnya melalui sarana public dalam bentuk sarana ibadah yang terintegrasi-sebagaimana Nabi Muhammad SAW mendirikan mesjid Quba, Mesjid Madinah pertama kali menginjakkan kaki di Madinah-sebagai pilar kekuatan yang tak tertandingi-mulai dari layanan public ibadah, ekonomi, social, pendidikan dan kesehatan.
Dalam rentang sejarah kekhalifahan dan dinasti-dinasti bercirikan islam dan menjadikan islam sebagai sebuah system. Mesjid merupakan kekuatan yang melekat dan menjadi sumber bagi kekuatan legitimasi mesjid. Pemerintahan turki Usmani menjadikan mesjid sebagai sentral semua aspek kegiatan.
30 September 2009, 17:16 Sumatera Barat di guncang gempa dengan kekuatan 7,6 scala richter.(Republika, 1 Oktober 2009) Gempa ini adalah yang dirasakan sampai ke negri singpura dan juga sebahagian malaysia. Gempa terbesar dengan korban dan kerusakan
Kota/Kab | Korban Meninggal | Luka-luka | Rumah Ibadah | Rumah Penduduk | Fasilitas umum & publik |
Kab. Pariaman | 465 meninggal | 543 luka berat | 748 Rsk Berat | 70.833 rsk berat | 104 kantor |
210 hilang | 512 luka ringan | 225 Rsk sedang | 12.630 rsk sedang | 257 sekolah rsk berat | |
15 Rsk ringan | 4.442 rsk ringan | 87 sekolah rsk sedang |
dioleh dari berbagai sumber
Bencana gempa di sumatera barat mengakibatkan hancurnya beberapa mesjid, surau dan mushalla sebagai tempat ibadah umat islam. Dari perjalanan dan kegiatan pengobatan gratis berbasis mesjid, surau hampir 75 % mesjid, surau tidak dapat di tempati. Beberapa mesjid tidak melakukan solat jum’at pada minggu pertema oktober 2009 pasca bencana diantaranya di Nagari Cimpago V Koto Kampung Dalam. Hal ini disebabkan oleh tidak layaknya mesjid di gunakan.
Masjid atau mesjid diambil seutuhnya dari bahasa aslinya, masjid. Di dalam Quran, kata ini terulang sebanyak 28 kali, 6 kali diantaranya dalam bentuk jamak (masaajid). di antara enam bentuk jamak itu, tiga kali diposesifkan kepada Allah: masjid-masjid Allah. Secara harfiah, masjid berarti tempat sujud. Jadi, tempat mana saja yang digunakan untuk sujud adalah masjid. Mesjid juga tempat orang menyucikan diri dengan melakukan ibadat dan renungan (i’tikaf). Mesjid adalah tempat orang menyebut nama Allah dan mengangungkan kebesaran-Nya, sehingga al-Quran (Q.S al-Baqarah:114) menandaskan bahwa tida ada kezaliman yang lebih besar dari pada mencegah orang masuk masjid dan berusaha meredupkan cahayanya. Kezaliman semacam ini akan langsung dihadapi Alah Sendiri (Q.S al-Hajj:40) dikutip dari Mutiara Alquran aktualisasi pesan al-Quran dalam kehidupan karangan Prof. Dr. Salman Harun.
Semenjak rasulullah hijrah tempat pertama yang beliau bangun adalah mesjid. Mesjid berfungsi sebagai sentral untuk membentuk umat. Mesjid kuba adalah mesjid yang di dirikan oleh rasulullah pertama ketiga beliau hijrah ke madimah (yatsrib). sesampai di madinah beliau mendirikan mesjid madinah dan sekaligus tempat tinggal beliau beserta istri beliau aisyah. Rasullah menjadikan mesjid sebagai sentral untuk penguatan aqidah umat islam, pengembangan ekonomi berbasis islam, strategi perang dan juga peningkatan kualitas keilmuan dengan mengadakan majlis-majlis ilmu.
Ranah minang terkenal dengan kearifan lokal bernama surau. Surau merupakan merupakan pusat pembentukan karakter masyarakat minangkabau, khususya pemuda. Kegiatan surat meliputi Peningkatan keilmuan dengan sistem halaqah. Hal ini sebagai cikal bakal pesantren di Ranah Minang. Kemudian pelajaran seni bela diri yang di namakan silat. Pelajaran ini menjadikan pemuda seorang pandeka. Pelajaran selanjutnya adalah pituah adat, pasambahan dan kesusteraan minang kabau yang menghantarkan pemuda sebagai calon pemuka adat, apakah datuak, tuanku.
Berdasarkan fakta dan realita sejarah maka dilahirkan sebuah pendekatan baru dalam pengembangan surau dengan aspek pembinaan aqidah spiritual, ekonomi finansial, fisik bangunan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dalam rangka menjayakan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.
Sungguh, masjid yang didirikan diatas takwa sejak hari pertama leih banyak untuk kalian beribadah di dalamnya. di situ banyak orang ingin menyucikan dirinya. (Q.S al-Taubah:109)
LANDASAN PEMIKIRAN
Tiada berhak orang-orang musyrik memakmurkan mesjid Allah, Sedang mereka menjadi saksi diatas dirinya dengan kekafiran. Mereka itu hapuslah sekalian amalannya, dan di dalam neraka mereka kekal selam-lamanya. Hanya yang memakmurkan mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari yang kemudian serta mendirikan solat dan mengeluarkan zakat, sedang ia tidak takut, melainkan kepad Allah. Maka meudh-mudahan mereka itu termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S Attaubah 17-18)
Orang-orang munfaik laki-laki dan perempuan sebagian bagi sebagian mereka menyuruh kepada yang mungkar dan melarang dari yang ma’ruf, mereka mengenggam tangannya (bakhil) Mereka melupakan Allah, lalu Allah melupakan mereka, sesungguhnya orang-orang munafik itu ialah orang-orang fasik. Allah telah menjanjikan neraka jahannam untuk orang muafik laki-laki dan perempuan dan orang-orangkafir serta kekal mereka di dalamnya. itu cukup (untuk balasannya) Allah mengutuki mereka, dan untuk mereka siksaan yang abadi. Q.S Attaubah 67-68
Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan assetnya (hartanya) di jalan Allah SWT seperti satu biji yang tumbuh menjadi tujuh tangkai. Pada setiap tangkai seratus biji. Dan Allah melipat gandakan bagi orang yang di kehendaki. (Q.S Albaqarah 2 : 261)
Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Barang siapa mendapat peringatan dari Rabbnya, lalu di berhenti, maka apa yang telah di perolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) Allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa. Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan solat dan menunaikan zakat, mereka mendapatkan pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah (bertanggungjawablah) kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kalian orang beriman. (Q.S Albaqarah 275-278)
Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kepad Allah agar kalian beruntung. Dan peliharalah diri kalian dari api neraka (kesengsaraan), yang disediakan bagi orang-orang kafir. Dan taatlah kepada Allah dan Rasul (Muhammad) agar kalian diberi rahmat (Q.S Ali-Imran 130-132)
Karena kezhaliman orang-orang yahudi, kami haramkan bagi mereka makanan yang baik-baik yang dahulu pernah di halalkan dan karena mereka sering menghalangi (orang lain) dari jalan Allah. Dan mereka menjalankan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang darinya, dan karena mereka memakan harta orang dengan cara tidak sah (batil). Dan kami sediakanuntuk orang-orang kafir diantara mereka adzab yang pedih. (Q.S Annisa 160-161)
Dan riba yang kalian berikan agar harta manusia bertambah, maka tidak bertambah dalam pandangan Allah. Dan apa yang kalian berikan berupa zakat yang kalian maksudkan untuk memperoleh keridhaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan. (Q.S Ar-rum 39)
ASPEK PENGEMBANGAN
1. Aspek Aqidah Spiritual
Pembinaan aqidah Spiritual masyarakat lewat kajian subuh dan magrib atau isya berkala. Gerakan pembinaan aqidah spiritual di dukung oleh program WAQAF AL-QURAN TERJEMAHAN, AL-QURAN BIASA, TAFSIR AL-AZHAR, TAFSIR FIZILALIL QURAN
2. Aspek Ekonomi Finansial
Pembinaan Ekonomi masyarakat lewat dana bergulir berbasisi Mesjid, surau dalam gerakan Subuh Mubarakah dan gerakan infak Rp. 50 dari Grub Line Bussiness PT. MYANS INSANI SEJAHTERA. Pelatihan kewirausahaan serta pengadaan alat-alat produksi dengan sistem bagi hasil antara Investor, Mesjid, Surau dengan masyarakat.
3. Aspek Pendidikan
Pembinaan PAUD, TK Islam dan juga Pesantren Hafiz berkerjasama dengan beberapa Pondok Pesantren, Sekolah Tinggi dan juga Universitas di Sumatera Barat. Termasuk program beasiswa untuk pendidikan calon imam, khatib dan guru.
4. Aspek Fisik Bangunan
Pembangunan kembali Mesjid, surau, mushalla dengan pendekatan MUSAJIK BADUNSANAK. Program mencarikan saudara mesjid.
5. Aspek Mental dan Kejiwaan
Penguatan zikir dan solat berjamaah. Pelatihan-pelatihan motivasi, tausiyah ruhiyah dengan teman-teman psikologi islam. Bekerjasama dengan Lembaga psikologi islam
6. Aspek Sosial dan kemasyarakatan
Pengembangan sistem jamaah berlandaskan dana bergulir dan kesamaan usaha dalam nilai-nilai solat berjamaah. Bekerjasama dengan lembaga nirlaba dan LSM dan ormas Islam
TUJUAN PROGRAM
1. Memakmurkan mesjid lewat persaudaran satu mesjid dengan mesjid, jamaah dengan jamaah dalam musajik badunsanak jo subuah mubarakah.
2. Menjadikan mesjid, mushalla, surau sebagai sentral pendidikan dan pengkajian kesilaman, peningkatan taraf perekonomian jamaah dan tetangga mesjid, pengembangan sosial kemasyarakatan.
3. Meningkatkan kualitas keiman, keilmuan, skill, wawasan lewat kajian-kajian tersistem dan terstruktur.
4. Menjadikan masyarakat muzakki yang mau dan mampu mengeluarkan zakat.
5. Menguatkan silaturrahmi dan ukhuwah islamiyah
TARGET DAN SASARAN
1. Membangun Mesjid, Mushalla, surau dengan pola partisipasi aktif lewat persaudaraan mesjid dengan mesjid atau mushalla tahap awal sebanyak 94 mesjid/mushalla.
2. Membuka lapangan pekerjaan sebanyak 94 orang relawan, 14 supervisor, 28 guru PAUD/TK Islam.
NAMA PROGRAM & BENTUK PROGRAM
Program ini bernama
MUSAJIK BADUNSANAK dan SUBUAH MUBARAKAH
BENTUK PROGRAM
1. Pembangunan kembali mesjid, surau, mushalla dengan pola persaudaraan dan gotong royong.
2. Dana bergulir untuk menopang ekonomi masyarakat bebas riba.
3. Pemberdayaan masyarakat sekitar mesjid, surau lewat ekonomi kreatif dan pengadaan alat-alat produksi.
4. Pendampingan masyarakat dalam pembinaan akhlaq, aqidah dan muamalah.
5. Pelatihan-pelatihan, workshop, seminar
WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan Program 1 tahun kalender terhitung mulai Oktober 2009 - September 2010
MANAJEMEN KERJA & KERANGKA KERJA
Pelaksanaan program mengikuti tahapan
Tahapan | Waktu | Keterangan |
Pra Asessment | Oktober-Desember 2009 | Resceu & Recovery Cek Kesehatan, Pengobatan Gratis, Motivasi diri dan HIdup |
Proposal dan Aggretment | Januari –Maret 2010 | Finising dan Penandatanganan Perjanjian-perjanjian dengan stake holder |
Asessment, Recrutment & Pelatihan, Publikasi | Februari- April 2010 | Penilaian Mesjid, Mushalla, surau, rektumen dan Pelatihan dan publikasi |
Musyawah persiapan | Maret – Mei 2010 | Musyawarah masyarakat denga tokoh masyarakat, perangkat nagari dan juga relawan |
Action | April- September 2010 | Pembangunan fisik mesjid, surau dan juga pembinaan jamaah dan rekrutmen |
KERANGKA KERJA | ||
KEGIATAN | PENANGGUNG JAWAB | KETERANGAN |
Pra Asessment | Relawan Baitul MUSLIMIN MUZAKKI | Menggunakan database yang telah ada pada LSM/ Ormas Islam |
Proposal dan Aggretment | TEAM MUSAJIK BADUNSANAK jo SUBUAH MUBARAKAH | Penyebaran Proposal, Presentasi dan Penandatanganan perjanjian |
Asesment, Recrutment & Pelatihan, Publikasi | TEAM MUSAJIK BADUNSANAK jo SUBUAH MUBARAKAH | Rekrutment relawan |
Musyawarah persiapan | Relawan TEAM MUSAJIK BADUNSANAK jo SUBUAH MUBARAKAH | |
Action | Seluru stake holder (mitra kerjasama) | Peluncuran kegiatan |
ANGGARAN BIAYA
Sumber Dana
1. Donasi dari Pihak Ketiga
2. Infaq masyarakat, jamaah mesjid, mushalla,
3. Lembaga pemerintahan, Ormas, LSM, Perusahaan
4. Mitra Kerjasama
Pengalokasi Dana
1. Pembangunan Mesjid, Mushalla dan surau yang hancur
2. Biaya Operasional Relawan
3. Pembelian Keperluan pendukung
PENUTUP
Sebagai akhir dari tulisan ini “Jika benarlah bahwa engkau telah ajarkan kami lewat rasulmu tentang pendidikan ummat dari mesjid dan mushalla maka buktikanlah bahwa ini bagian dari kebesaranMU”. Ya Allah ya rabbal’alamin telah aku infaqkan seluruh asset kehidupanku untuk dapat membuktikan firman-firmanMU.
Jakarta, November 2009
Muhammad Yunus
FOCUS PROGRAM
TAHAP PERTAMA
MUSAJIK BADUNSANAK JO SUBUAH MUBARAKAH
1. SUNGAI LIMAU
Nagari Sugai Limau, Korong Lohong, Jorong Simpang 3 Lohong
a. Mesjid Raya Lohong, H. Safry PN 0813 7478 9006
b. Surau Batu
c. Surau Duri, Safrizal 0812 6054 5138
d. Surau Palo,
e. Mesjid Sungai Paku
f.
2. V KOTO KAMPUNG DALAM
Nagari Sikucua
Korong Durian Kadok, Korong Lansano, Korong Sikucua, Korong
a. Mesjid Lubuak Karambia,
b. Surau Lambah Aur Lansano,
c. Surau Gadang Sikucua,
d. Surau Batu, Padang Kabau, Safrizal 0812 6054 5138
e. Surau Bilatolek
f. Surau Piliang
g. Surau lenggang basa
Anton Sujarwo 0812 6640 7959, Dt. Lenggang Basa 0813 7474 9804, Ali Langsano 0813 7443 0966
Nagari Cimpago
a. Mesjid Attaqwa
Mesjid yang di bangun tahun 1918 M, merupakan mesjid nagari cimpago
b. Surau Nurus sa’adah
Kampuang Paliang Campago Barat, Kampuang Dalam
c. Surau pulau
Kampuang Koto, campago barat, Kampuang dalam
d. Surau Hidayah
e. Surau Bukik Tabuah
Korong
a. Mesjid
b.
3. IV KOTO AUR MALINTANG & SEI GERINGGING
Nagari Kuranji Hulu Kec. Sei Geringging
a. Mesjid Jami’ Lurah Batu Mengaum, Tuanku Imam Mulyadi 0852 6348 5937
b. Surau Alfalah, Dusun Koto tinggi Korong Batu Gadang, Dian Mustoni 0852 6328 1374
c. Mesjid Ilham Batu Mengaum, Ungku Kajai, Nagari Kuranji Hulu
d. Surau baru, Kapalo Gadang Kampuang dadok, Nagari Kuranji hulu, Fauzan 0813 7495 8593
4. KECAMATAN V KOTO TIMUR
Nagari Gunung Padang Alai, Korong Sialangan
a. Mesjid Raya Sialangan
b. Surau Batu,
c. Surau Sintuak
d. Surau Jambu
e. Surau Kajai
f. Surau Anak Aie
g. Surdau Lasuang
Bandaro Zainalis 0813 6377 8133
Korong Sialangan
5. PATAMUAN
6. ULAKAN
MATRIK PROGRAM
Program | Jumlah | Target Mesjid/surau | Keterangan |
ASPEK AQIDAH SPIRITUAL | |||
Mencakup pada kegiatan taklim subuh dengan kajian yang difocuskan pada tafsir, hadist dengan metode partisipatif dengan melibatkan imam, tuanku dan juga alumni-alumni pondok pesantren yang life in. Kegiatan menggunakan standar kurikulum yang berbasis self learning dengan 7 mesjid, atau surau | |||
Waqaf Al-quran terjemahan | 25 buah | 94 Mesjid/surau | 2350 Alquran terjemahan |
Waqaf Al-quran biasa | 25 buah | 94 Mesjid/surau | 2350 Alquran terjemahan |
Tafsir Al-azhar dan fi zilalil alquran | 1 set | 94 Mesjid/surau | 94 Mesjid/surau |
ASPEK FISIK MESJID/MUSHALLA | |||
Mencakup rehabilitasi fisik bangunan mesjid/surau dengan anggaran 30 juta, penyediaan sound sistem 1 set, karpet untuk solat, papan informasi, satu set alat kebersihan | |||
Sajadah imam | 1 buah | 94 Mesjid/surau | 94 Mesjid/surau |
Tikar Plastik | 2 buah | 94 Mesjid/surau | 188 Karpet |
Kambal (untuk solat) | 4 buah | 94 Mesjid/surau | 376 Kambal |
Amplifaer | 1 set | 94 Mesjid/surau | |
Mic | 2 set | 94 Mesjid/surau | 1 set untuk azan, 1 set untuk imam |
Mic Hadle | 1 set | 94 Mesjid/surau | 1 set untuk muazzin azan |
Toa | 2 buah | 94 Mesjid/surau | 1 mesjid/surau dapat 2 |
Alat Kebersihan | 1 Set | 94 Mesjid/surau | 2 sapu, 2 sapu lidi, 2 gundar wc, 2 keset plastik, 4 keset kain, 1 pembersih kaca, 2 pembersih lantai |
Paket pembangunan | 1 paket | 94 Mesjid/surau | 30 Juta permesjid/surau |
ASPEK KEJIWAAN, SOSIAL DEVELOPMENT | |||
Mecakup pada trauma healing, pengembangan kelompok dengan pendekatan solat berjamaah yang bersertaan dengan pencairan dana bergulir subuh mubaraqah | |||
Konsultasi | Team Psikologi | 14 Nagari atau 14 titik | Bekerjasama dengan lembaga dibidang Trauma healing dan Psikologi Islam |
Kajian Diri | Team Psikologi | 94 mesjid, surau | Pemahaman diri lewat Alquran |
ASPEK EKONOMI FINANSIAL | |||
Mencakup program dana bergulir, pengembangan kewirausahaan the MUHAMMAD way dan pengembangan comunity of entrepreneur | |||
Satu paket Adm | 1 paket | 94 Mesjid/surau | Aqad pencairan, booklet, pena, pencil, |
Dana begulir | 1 paket | 94 Mesjid/Surau | Dana berkisar 5 – 10 Juta, perjamaah kisaran 100ribu - 500 ribu |
LANSKAP MESJID, SURAU
Sumber daya yang ada di Nagari
1. Kelapa berumur diatas 15 tahun
2. Pohon pinang berumur diatas 10 tahun
3. Batu Kali dari sungai sekitar kampung
4. Pasir dari sungai sekitar kampung
bentuk Bagunan
1. Mesjid, Surau dengan pendekatan 4 (empat) ruang Hegsagonal dan bertingkat
Surau, Mesjid |
Kantor, Srambi |
Paud, TK Islam |
Sarana MCK |
2. Mesjid, Surau dengan pendekatan 7 (tujuah) ruang Hegsagonal
Kelas, TPA |
Surau, Mesjid |
Kelas, TPA |
Sarana MCK |
Kantor, Srambi |
Kelas, TPA |
Sarana MCK |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar